PENGERTIAN KARATE 空 手 道

Posted on February 20, 2010

28


OSH…….!!!

Karate (空 手 道) adalah seni bela diri yang berasal dari Jepang. Seni bela diri karate dibawa masuk ke Jepang lewat Okinawa. Seni bela diri ini pertama kali disebut “Tote” yang berarti seperti “Tangan China”. Waktu karate masuk ke Jepang, nasionalisme Jepang pada saat itu sedang tinggi-tingginya, sehingga Sensei Gichin Funakoshi mengubah kanji Okinawa (Tote: Tangan China) dalam kanji Jepang menjadi ‘karate’ (Tangan Kosong) agar lebih mudah diterima oleh masyarakat Jepang. Karate terdiri dari atas dua kanji. Yang pertama adalah ‘Kara’ 空 dan berarti ‘kosong’. Dan yang kedua, ‘te’ 手, berarti ‘tangan’. Yang dua kanji bersama artinya “tangan kosong” 空手 (pinyin: kongshou).

Menurut Zen-Nippon Karatedo Renmei/Japan Karatedo Federation (JKF) dan World Karatedo Federation (WKF), yang dianggap sebagai gaya karate yang utama yaitu:

1. Shotokan
2. Goju-Ryu
3. Shito-Ryu
4. Wado-Ryu

Keempat aliran tersebut diakui sebagai gaya Karate yang utama karena turut serta dalam pembentukan JKF dan WKF.

Namun gaya karate yang terkemuka di dunia bukan hanya empat gaya di atas itu saja. Beberapa aliran besar seperti Kyokushin , Shorin-ryu dan Uechi-ryu tersebar luas ke berbagai negara di dunia dan dikenal sebagai aliran Karate yang termasyhur, walaupun tidak termasuk dalam “4 besar WKF”.

Di negara Jepang, organisasi yang mewadahi olahraga Karate seluruh Jepang adalah JKF. Adapun organisasi yang mewadahi Karate seluruh dunia adalah WKF (dulu dikenal dengan nama WUKO – World Union of Karatedo Organizations). Ada pula ITKF (International Traditional Karate Federation) yang mewadahi karate tradisional. Adapun fungsi dari JKF dan WKF adalah terutama untuk meneguhkan Karate yang bersifat “tanpa kontak langsung”, berbeda dengan aliran Kyokushin atau Daidojuku yang “kontak langsung”.

Latihan dasar karate terbagi tiga seperti berikut:

1. Kihon, yaitu latihan teknik-teknik dasar karate seperti teknik memukul, menendang dan menangkis.
2. Kata, yaitu latihan jurus atau bunga karate.
3. Kumite, yaitu latihan tanding atau sparring.

Pada zaman sekarang karate juga dapat dibagi menjadi aliran tradisional dan aliran olah raga. Aliran tradisional lebih menekankan aspek bela diri dan teknik tempur sementara aliran olah raga lebih menumpukan teknik-teknik untuk pertandingan olah raga.

Dibawah ini adalah Daftar Perguruan Karate Anggota Forki:

1. AMURA
2. BKC (Bandung Karate Club)
3. BLACK PANTHER KARATE INDONESIA
4. FUNAKOSHI
5. GABDIKA SHITORYU INDONESIA (Gabungan Beladiri Karate-Do Shitoryu)
6. GOJUKAI (Gojuryu Karate-Do Indonesia)
7. GOJU RYU ASS (Gojuryu Association)
8. GOKASI (Gojuryu Karate-Do Shinbukan Seluruh Indonesia)
9. INKADO (Indonesia Karate-Do)
10. INKAI (Institut Karate-Do Indonesia)
11. INKANAS (Intitut Karate-Do Nasional)
12. KALA HITAM
13. KANDAGA PRANA
14. KEI SHIN KAN
15. KKNSI (Kesatuan Karate-Do Naga Sakti Indonesia)
16. KKI (Kushin Ryu M. Karate-Do Indonesia)
17. KYOKUSHINKAI (Kyokushinkai Karate-Do Indonesia)
18. LEMKARI (Lembaga Karate-Do Indonesia)
19. PERKAINDO
20. PORBIKAWA
21. PORDIBYA
22. SHINDOKA
23. SHI ROI TE
24. TAKO INDONESIA
25. WADOKAI (Wadoryu Karate-Do Indonesia)

SEJARAH SINGKAT UKM KARATE INKAI UNY

UKM Karate Universitas Negeri Yogyakarta didirikan pada tanggal 3 Maret 1975 yang pada waktu itu masih bernama IKIP Yogyakarta oleh Sempay Yahya Wilis, Irwansyah, Samsul Bakri dan Yudiono yang kemudian diikuti oleh para karateka yang lain.

Sejak didirikan UKM karate telah mencatat banyak prestasi diantaranya yaitu juara umum kejuaraan INKAI di UIN sunan Kalijaga, Juara umum Kejurda INKAI DIY, Juara Umum POMNAS DIY dan masih banyak lagi. Prestasi terakhir yaitu mendapatkan 3 medali yaitu medali Emas, Perak dan Perunggu dalam Kejurkab Sleman Tahun 2010.

UKM karate rutin berlatih sebanyak tiga (3) kali dalam satu (1) minggu yaitu pada hari selasa, kamis dan sabtu mulai pukul 15.30 sampai dengan pukul 18.00 dan latihan pusat satu (1) kali setiap bulan pada minggu pertama.

Proses latihan UKM karate UNY sudah terprogram dengan jelas dan disesuaikan porsinya sesuai dengan tingkatan sabuk (Kyu), baik untuk menghadapi suatu event kejuaraan atau hanya untuk latihan rutin.

Program latihan yang diberikan oleh pelatih bertujuan untuk meningkatkan kemampuan teknik, fisik dan mental anggota UKM dan ini tentunya merupakan proses yang sangat baik untuk meningkatkan prestasi anggota UKM Karate UNY

yang mau gabung silahkan langsung datang ke depan gedung Rektorat UNY pada jam latihan

OSH……..!!!!!!

Posted in: Edu